Skip to main content

Asal Usul Terjadinya Buang Angin ( Kentut )

Buang angin atau yang biasa kita sebut (kentut) terkadang bisa membuat kita malu karena dengan keluar nya kentut tersebut semua orang merasa terganggu dengan bau yang di keluarkan dari dalam tubuh kita, namun apa kita tau asal usul terjadi nya kentut tersebut . Namun kentut juga ternyata baik untuk kesehatan, maka dari itu untuk menambah pengetahuan, dibawah ini akan kami rangkum secara singkat mengenai asal usul apa itu kentut?

1.Kentut Mengandung Apa?

Terdapat banyak kandungan didalam kentut, dan semakin banyak udara yang Anda hirup, maka semakin banyak potensi kadar nitrogen di dalam kentut. Adanya reaksi kimia antara cairan usus dan asam perut serta bakteri  yang juga dapat menghasilkan hydrogen dan metana didalamnya dapat menghasilkan karbondioksida.
Volume gas yang dihasilkan tergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. Semakin lama ditahan volume nitrogen dan gas lainnya yang terdapat didalamnya akan terabrsorbsi oleh darah melewati dinding usus. Sebaiknya Anda jangan sering menahan kentut karena dapat memperbesar kandungan oksigen didalam tubuh .

2.Kentut Mengandung Apa?

Terdapat banyak kandungan didalam kentut, dan semakin banyak udara yang Anda hirup, maka semakin banyak potensi kadar nitrogen di dalam kentut. Adanya reaksi kimia antara cairan usus dan asam perut serta bakteri  yang juga dapat menghasilkan hydrogen dan metana didalamnya dapat menghasilkan karbondioksida.
Volume gas yang dihasilkan tergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. Semakin lama ditahan volume nitrogen dan gas lainnya yang terdapat didalamnya akan terabrsorbsi oleh darah melewati dinding usus. Sebaiknya Anda jangan sering menahan kentut karena dapat memperbesar kandungan oksigen didalam tubuh .

3.Apa Alasan Kentut Keluar Lewat Lubang Dubur?

Karena berat dari kandungan di dalam kentut lebih ringan, sehingga lebih mudah tertekan kebawah , gerakan peristaltic usus membuat ruangan menjadi bertekanan, sehingga akan membuat gas yang terdapat di dalam usus terbergerak ke daerah tubuh yang bertekanan rendah yaitu anus. Bentuk usus yang berbelit-belit dan rumit membuat gelembung gas tertekan ke bawah.

4.Adakah Orang Yang Tidak Kentut?

Tidak ada, selama orang tersebut masih hidup maka kemungkinan untuk kentut  bisa terjadi, bahkan sesaat sebelum meninggalpun orang masih memiliki kemungkinan untuk kentut.

5.Kentut Itu Berasal Dari Mana?

Dari dalam usus. Didalam usus terdapat gas yang berasal dari udara dan oksigen yang kita hirup atau telan. Gas yang berhasil menerobos ke dalam usus, baik yang berasal dari darah, reaksi kimia (sisa metabolisme tubuh) atau gas yang berasal dari bakteri yang terdapat di dalam usus.

6.Apa Penyebab Kentut Baunya Tidak Sedap?

Kentut memiliki kandungan merkaptan dan hydrogen sulfide, dimana kedua zat ini mengandung sulfur, jadi semakin banyak kandungan sulfur yang Anda konsumsi, maka semakin besar kandungan merkaptan dan sulfide yang akan dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada perut, dan tentu saja akan membuat bau kentut Anda semakin busuk. Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat berperan memperbesar volume bunyi kentut, sedangkan mengkonsumsi daging dan telur dapat berperan besar untuk membuat kentut menjadi semakin bau.

7.Butuh Berapa Lama Waktu Untuk Membuat Kentut Tercium Dengan Hidung Orang Terdekat?

Semuanya tergantung pada kondisi udara, kelembaban, suhu , kecepatan arah angin dan berat dari gelembung molekul gas yang bahan dasar kentut. Saat kentut sudah keluar dari sumbernya, maka gas yang dihasilkan akan menyebar. Bila tempat Anda kentut termasuk ruangan yang luas maka bisa saja kentut akan ditelan selamanya oleh udara, dan bila di ruangan yang sempit seperti lift dan mobil akan membuat konsentrasi udara lebih sedikit, sehingga menyebabkan baunya akan tinggal dalam waktu yang cukup lama, sampai diserap oleh dinding, atau ada jendela atau celah udara di tempat tersebut.

8.Kenapa Mengkonsumsi Kacang-Kacangan Dapat Memperbanyak Jumlah Kentut?

Kacang-kacangan kaya akan zat gula yang tidak dapat dicerna tubuh, gula tersebut berupa stachiose, raffinose, dan verbascose yang bila telah mencapai usus, maka bakteri yang terdapat di dalam usus akan langsung berpesta dan memproduksi banyak gas. Selain kacang-kacangan, jagung, kubis, paprika, kembang kol, dan susu juga dapat menjadi penyebab jumlah kentut meningkat.

9.Biasanya Diwaktu Apa Saja Orang Kentut?

Umumnya pada pagi hari atau biasa juga disebut dengan istilah morning thunder, bisa terjadi pada saat Anda berada didalam toilet atupun baru bangun dari tempat tidur.

10.Apakah Benar Laki-Laki Kentut Lebih Sering Dibandingkan Dengan Perempuan?

Tidak benar, kentut tidak memiliki kaitan dengan masalah gender, hanya saja kemungkinan perempuan memiliki rasa malu yang lebih besar ketimbang laki-laki, sehingga lebih sering menahannya.

11.Mengapa Kentut Menimbulkan Suara (Bunyi) Yang Cukup Keras?

Karena pada lubang anus terdapat vibrasi pada saat kentut sedang diproduksi, bunyi yang keras juga tergantugn pada tingkat kecepatan gas dan tentu saja besarnya diameter lubang anus.


Itulah rangkuman mengenai asal usul terjadi nya buang angin (kentut) sekarang kita tahu bahwa buang angin itu bukan lah menjadi suatu masalah karena meski mengeluarkan bau tidak sedap namun itu tandanya kita masih sehat. itulah asal usul nya semoga menjadi ilmu bagi kita. terimaksih.

Comments

Popular posts from this blog

Pengobatan Bisul Secara Cepat Serta Jenis - Jenisnya

Bisul adalah salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh infeksi pada bagian permukaan kulit. Adanya infeksi ini menjadikan rasa gatal dan benjolan berwarna merah kemerahan. Bahkan, untuk bisul yang lebih parah bisa menjadikan rasa sakit mdan panas, serta nyeri dan terasa gatal ingin menggaruk. Namun, pada proses penggarukan justru membuat bisul terasa lebih sakit dan lebih parah dari yang sebelumnya. Bila dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan penyebaran di beberapa titik lainnya, kemudian menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Inilah Macam-macam bisul yang harus di ketahui : 1.Akne kista adalah bisul yang terjadi pada permukaan kulit pada bagian yang mengandung minyak berlebih, seperti di wajah. Penyebab utama dari bisul ini karena adanya infeksi bakteri pada kelenjar minyak. 2.Kista pilonidal adalah bisul yang terjadi pada area pantat, dan dapat mengeluarkan nanah. Penyebab utamanya adalah infeksi yang terjadi pada folikel rambut, bilamana terus bergesek dan terkena t

Pribahasa Suku Sunda Yang Unik Dan Banyak Di Perbincangkan

Suatu bahasa pasti mempunyai pribahasa Seperti bahasa indonesia yang pribahasanya " Berakit-Rakit Ke Hulu Berenang-Renang Ketepian " yang artinya Kita harus terus berusaha terlebih dahulu sebelum kita menuai hasilnya , dan  Dalam bahasa Sunda pun banyak pribahasa yang biasanya di pakai oleh orang tua yang kita belum tentu mengerti tetapi mempunyai arti yang sangat berarti serta memnjadi pelajaran bagi kehidupan bila kita tau arti sebuah pribahas tersebut. Inilah beberapa pribahasa suku sunda yang unik dan bermotivasi : 1. Komeok Memeh Di Pacok Komeok memeh di pacok artinya ialah Sebelum kita melakukan sesuatu kita tak perlu takut terlbih dahulu . terkadang kebanyakan orang kalau ia mempunyai masalah ia akan takut terlebih dahulu sebelum menghadapinya padahal masalah tersebut bisa kita hadapi dengan mudah dan teratasi. 2.Hejo Cokor Hejo cokor artinya ialah ibarat kerja kita di suatu tempat dan kita berpindah dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain . dan setelah itu

6 Keindahan Foto Langit Malam Hari Yang Tidak Akan Terlupakan

Langit itu memanglah sangat luas dan tidak sedikit photografer suka  mengabadikan atau mengambil foto langit tersebut tetapi biasanya mengambil gambar tersebut pada siang hari ataupun sore karna akan terlihat indah dan terlihat cerah , tetapi langit malam tidaklah kalah indahnya oleh keindahan langit sore atau pun langit pagi yang menakjubkan nya langit malam akan terlihat seperti bintang-bintang, bulan yang terang ataupun kalau kita dalam keadaan beruntung kita akan bisa menemukan bintang jatuh yang langka untuk kita dokumentasikan . Dan saya akan menampilkan beberapa keindahan foto langit di malam hari diantaranya :  1.Warna Langit Malam Serta Kilauan Bintang. 2.Langit Dengan Nuansa Biru Dan Pepohonan Yang Seakan Akan Sedang Bercengkrama 3.Langit Yang Elok Serta Di terangi Oleh Bulan Yang Terang 4.Langit Dan Jalan Yang Terlihat Menyatu Dengan Jalan Pemandangan langit di malam hari tidak kalah menakjubkan dibanding pagi atau sore. Beberapa fotografer menam