Skip to main content

Pengobatan Bisul Secara Cepat Serta Jenis - Jenisnya

Bisul adalah salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh infeksi pada bagian permukaan kulit. Adanya infeksi ini menjadikan rasa gatal dan benjolan berwarna merah kemerahan. Bahkan, untuk bisul yang lebih parah bisa menjadikan rasa sakit mdan panas, serta nyeri dan terasa gatal ingin menggaruk. Namun, pada proses penggarukan justru membuat bisul terasa lebih sakit dan lebih parah dari yang sebelumnya. Bila dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan penyebaran di beberapa titik lainnya, kemudian menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan.
Inilah Macam-macam bisul yang harus di ketahui :

1.Akne kista adalah bisul yang terjadi pada permukaan kulit pada bagian yang mengandung minyak berlebih, seperti di wajah. Penyebab utama dari bisul ini karena adanya infeksi bakteri pada kelenjar minyak.

2.Kista pilonidal adalah bisul yang terjadi pada area pantat, dan dapat mengeluarkan nanah. Penyebab utamanya adalah infeksi yang terjadi pada folikel rambut, bilamana terus bergesek dan terkena tekanan, sehingga semakin sakit dan tidak nyaman untuk duduk.

3.Hidradenitis suppurativa merupakan suatu bisul yang terjadi pada lipatan pangkal paha dan ketiak. Bisul ini lebih terasa pedih karena adanya peradangan pada peradangan keringat.
-Penyebab dan ciri penyakit bisul

Penyakit bisul ini bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, terletak pula pada area tertentu seperti di leher, punggung, pantat, kaki, wajah, kepala dan bagian tubuh lainnya. Resiko ini ditimbulkan karena adanya bakteri yang menempel di kulit dan menginfeksi kulit tersebut. Selain dari bakteri, terdapat pula penyebab yang lain, diantaranya:

- Adanya pola makan yang kurang sehat.
- Kurangnya penjagaan atas kebersihan diri.
- Lemahnya sistem kekebalan pada tubuh.
- Mengkonsumsi menu makanan yang tidak sehat.

Penyakit bisul ini tidak sama dengan gatal-gatal biasa yang hanya sementara saja, akan tetapi jauh berbeda. Untuk mengetahui kepastian dari penyakit bisul ini dapat diketahui dari beberapa gejalanya, yaitu:

- Timbulnya benjolan yang berwarna merah-merah seperti jerawat pada permukaan tubuh.
- Adanya benjolan pada bagian kulit dan terasa gatal.
- Benjolan terasa perih dan nyeri.
- Adanya warna putih ditengah-tengah benjolan tersebut.
- Terasa sakit bila ditekan.
- Mengeluarkan nanah yang berbau tidak sedap.
- Kadang disertai dengan demam.


Pada intinya, penyakit bisul ini dapat merusak penampilan dan kesehatan pada kulit. Penyebabnya ialah dari infeksi bakteri yang menjadi benjolan di beberapa titik tubuh.

-Cara yang harus di lakukan untuk mengobatinya ialah:

Bila tak ada pengobatan yang lebih pasti, maka dari benjolan itu akan menimbulkan bekas yang tidak mudah hilang. Bahkan bekas itu bisa terus saja ada karena pada kondisi seseorang dalam keadaan tertentu, tak dapat dihilangkan. Untuk itu, diperlukan pengobatan yang tepat. Untuk menghindari resiko yang lebih besar, ada baiknya kita memahami bagaimana cara menangani bisul disertai dengan obat yang tepat:

- Kenali penyakit bisul sejak dini, sehingga dapat dioleskan antibiotik, sebelum bisul semakin besar.
- Bila bisul sudah besar, bisa dikeluarkan nanahnya dengan alat-alat yang steril. Bisa pula membawanya ke dokter agar luka tersebut lebih teratasi sampai clear tanpa menimbulkan efek bekas.
- Hentikan dan hindari keinginan untuk menggaruk pada bagian bisul.
- Bilamana bisul seringkali ada, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk menghindari resiko lainnya.


Mengobati bisul bukan hanya bisa dilakukan secara medis, tetapi dengan menggunakan ramuan tradisional dari bahan-bahan alami juga bisa. Seperti beberapa obat bisul tradisional berikut ini:


1.Mentimun dan biji pala
Buah mentimun ini dikupas dan diparut hingga lembut, dan tambahkan beberapa biji pala. Setelah tercampur, bungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Setelah siap atau dipanggang selama beberapa menit, angkat dan biarkan sampai dalam keadaan hangat. Buka daun pisang itu dan ambil parutan yang sudah dipanggang untuk dioleskan ke permukaan kulit yang terkena bisul. Lalu tutup dengan perban agar lebih memudahkan racikan terjaga di area bisul.

2.Daun bayam duri

Mengobati bisul bisa menggunakan daun bayam duri, yang bisa diracik dengan mudah. Proses pertamanya ialah pilih dua lembar daun bayam duri dan dicuci hingga bersih. Tambahkan garam halus dan diremas-remas sampai daun bayam ikut hancur bersama garam halus tersebut. Kemudian, oleskan pada bagian bisul, namun hindari bagian mata bisul agar tidak tersentuh. Perawatan ini dapat mengurangi rasa panas dan perih yang disebabkan oleh infeksi pada bisul tersebut.

3.Daun sirih
Begitu banyak dan lengkap manfaat dari daun sirih ini, termasuk pula untuk mengobati bisul pada permukaan kulit. Prosesnya ialah dengan mengambil tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, lalu ditumpuk sampai halus. Tumbukan itu nantinya yang akan dibalurkan pada bagian yang bisul. Gunakan perban untuk menutupi dan menjadikan tumbukan bisa menempel dengan baik.

4.Bawang putih
Bawang putih bisa pula dimanfaatkan sebagai pengobatan bisul karena bahan dapur yang satu ini memiliki peran sebagai antibiotik. Untuk perawatan bisul ini bisa dimulai dengan mengupas bawang putih dari kulitnya, lalu dibersihkan dan ditumbuk sampai halus. Setelah itu, tumbukan siap untuk dioleskan secukupnya saja, pada bagian bisul dengan menutupi menggunakan perban. Pada proses ini, akan terasa sedikit pedih, namun itu tak mengapa karena merupakan bagian dari proses penyembuhan.

5.Daun Waru
Daun waru biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan pada acara hajatan di kampung-kampung. Namun ada juga yang memanfaatkan sebagai ramuan penyubur rambut. Nah, kali ini kita akan menggunakannya untuk mengobati bisul. Caranya sangat sederhana, daun waru dilumatkan kemudian tempelkan pada bisul. Cara lain, daun waru dicuci bersih, lalu dipanggang di atas api. Setelah layu dan masih panas, tempelkan pada bisul. Lakukan dua kali sehari.

6.Daun kamboja
Daun kamboja ini bisa dimanfaatkan dari getahnya, yaitu dari getah daun kamboja untuk dioleskan secara langsung ke bagian bisul. Selain itu, bisa dengan daun kamboja yang sudah dicuci sampai bersih ditambahkan minyak kelapa, lalu ditempelkan pada bagian yang bisul. Atau bisa pula minyak kelapa yang dioleskan pada daun kamboja lalu ditutupkan ke bagian bisul.
Advertisement

7.Daun Iler
Daun iler atau daun Miana ini sebenarnya punya warna ungu yang bagus untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu, kegunaannya sebagai tanaman obat juga layak diperhitungkan. Untuk mengobati bisul, prosesor pengobatannya sama seperti daun waru, daun iler dicuci, olesi dengan minyak kelapa, lalu digarang. Hangat-hangat kuku, ditempelkan pada bisul.

itulah 7 cara tradisional pengobatan cepat terhadap bisul, semoga informasi ini menjadi manfaat terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Pribahasa Suku Sunda Yang Unik Dan Banyak Di Perbincangkan

Suatu bahasa pasti mempunyai pribahasa Seperti bahasa indonesia yang pribahasanya " Berakit-Rakit Ke Hulu Berenang-Renang Ketepian " yang artinya Kita harus terus berusaha terlebih dahulu sebelum kita menuai hasilnya , dan  Dalam bahasa Sunda pun banyak pribahasa yang biasanya di pakai oleh orang tua yang kita belum tentu mengerti tetapi mempunyai arti yang sangat berarti serta memnjadi pelajaran bagi kehidupan bila kita tau arti sebuah pribahas tersebut. Inilah beberapa pribahasa suku sunda yang unik dan bermotivasi : 1. Komeok Memeh Di Pacok Komeok memeh di pacok artinya ialah Sebelum kita melakukan sesuatu kita tak perlu takut terlbih dahulu . terkadang kebanyakan orang kalau ia mempunyai masalah ia akan takut terlebih dahulu sebelum menghadapinya padahal masalah tersebut bisa kita hadapi dengan mudah dan teratasi. 2.Hejo Cokor Hejo cokor artinya ialah ibarat kerja kita di suatu tempat dan kita berpindah dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain . dan setelah itu

6 Keindahan Foto Langit Malam Hari Yang Tidak Akan Terlupakan

Langit itu memanglah sangat luas dan tidak sedikit photografer suka  mengabadikan atau mengambil foto langit tersebut tetapi biasanya mengambil gambar tersebut pada siang hari ataupun sore karna akan terlihat indah dan terlihat cerah , tetapi langit malam tidaklah kalah indahnya oleh keindahan langit sore atau pun langit pagi yang menakjubkan nya langit malam akan terlihat seperti bintang-bintang, bulan yang terang ataupun kalau kita dalam keadaan beruntung kita akan bisa menemukan bintang jatuh yang langka untuk kita dokumentasikan . Dan saya akan menampilkan beberapa keindahan foto langit di malam hari diantaranya :  1.Warna Langit Malam Serta Kilauan Bintang. 2.Langit Dengan Nuansa Biru Dan Pepohonan Yang Seakan Akan Sedang Bercengkrama 3.Langit Yang Elok Serta Di terangi Oleh Bulan Yang Terang 4.Langit Dan Jalan Yang Terlihat Menyatu Dengan Jalan Pemandangan langit di malam hari tidak kalah menakjubkan dibanding pagi atau sore. Beberapa fotografer menam